Beranda | Artikel
Shalat Sunnah Setelah Shalat Ashar
Senin, 6 Agustus 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Shalat Sunnah Setelah Shalat Ashar adalah ceramah agama Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A. Ceramah agama ini membahas buku “Panduan Amal Sehari Semalam” yang berisi amalan-amalan yang semestinya dilakukan oleh seorang muslim dalam kesehariannya. Kajian ini disampaikan pada 13 Ramadhan 1439 H / 29 Mei 2018 M.

Ceramah agama tentang Shalat Sunnah Setelah Shalat Ashar – Panduan Amal Sehari Semalam

Pada kajian ini dibicarakan tentang suatu sunnah yang mungkin terlupakan atau sedikit sekali kaum muslimin yang mengerjakannya. Yaitu shalat yang dituntunkan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dan termasuk shalat-shalat sunnah yang dikerjakan sehari semalam. Yaitu shalat sunnah setelah shalat ashar. Mengerjakan shalat sunnah dua rakaat setelah shalat ashar.

Shalat ini tidak termasuk shalat sunnah rawatib yang mengiringi shalat-shalat fardhu meskipun dikerjakan setelah shalat ashar. Seperti halnya shalat sunnah dua rakaat menunggu imam naik ke atas mimbar pada hari jum’at, ini bukan shalat sunnah qabliyah yang mengiringi shalat fardhu. Dia adalah shalat sunnah yang terpisah dan berdiri sendiri. Termasuk didalamnya shalat sunnah dua rakaat setelah ashar. Ini adalah shalat sunnah mutlak yang dikerjakan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Nabi menganjurkannya dan Nabi juga mengamalkannya. Para sahabat juga mengamalkan ini. Tapi sunnah ini nyaris tidak dilakukan oleh kaum muslimin atau ditinggalkan oleh kaum muslimin. Mungkin sebabnya adalah adanya hadits shahih yang dzahirnya berisi larangan mengerjakan shalat sunnah setelah shalat ashar.

Misalnya hadits marfu’ dari Abu Said al-Khudri. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan:

لاَ صَلاَة َبَعْدَ العَصْرِ حَتىَّ تَغْرُبَ الشَّمْسُ

Tidak ada shalat (sunat) sesudah shalat ‘Ashar hingga matahari terbenam” (HR. Bukhari dan Muslim)

Akan tetapi sabda Nabi ini masih bersifat mutlak, dibatasi dan dikhususkan maknanya dengan hadits yang membatasi larangan itu dengan sebuah sifat. Yaitu apabila matahari sudah menguning sesudah ashar. Artinya jika matahari masih putih bersinar, shalat sunnah sesudah ashar masih boleh dilakukan. Karena adanya hadits-hadits bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengerjakan shalat sunnah sesudah ashar.

Simak penjelasan lengkapnya dan download MP3 ceramah agama tentang Shalat Sunnah Setelah Shalat Ashar – Panduan Amal Sehari Semalam


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/44464-shalat-sunnah-setelah-shalat-ashar/